Pengaruh Suasana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Warkop Naik Kelas Grand Wisata

Septira Cahya Barkah
2412008071
2024
Pengaruh Suasana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Warkop Naik Kelas Grand Wisata
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Tingginya permintaan terhadap kopi memicu minat para pengusaha untuk membuka usaha kedai kopi atau coffee shop, karena mengkonsumsi minuman seperti kopi sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup masyarakat saat ini. Membuat bisnis berkonsep kafe mulai menjamur di Grand Wisata, Bekasi. Bahkan, ada juga yang memiliki konsep terpusat hingga menggunakan sistem waralaba/franchise. Kafe yang sudah lama berdiri maupun yang baru berdiri mereka berusaha memperkenalkan atau menawarkan menu-menu baru dengan suasana dan pelayanan yang baik, agar dapat diterima dengan baik oleh pembeli atau konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Suasana dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Warkop Naik Kelas Grand Wisata. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 98 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil uji regresi menunjukkan 78,8% faktor kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh suasana dan kualitas pelayanan dan sisanya 21,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel suasana dan kualitas pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil analisis Fhitung (181.515) > Ftabel (3.091). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel suasana menunjukkan hasil analisis (5,686) dan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (2,471) dimana ttabel (1,661) berarti secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Warkop Naik Kelas Grand Wisata adalah Suasana sebesar 63,3%.

Kata kunci: Suasana, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

S1 Manajemen
53