Strategi Pengembangan Bisnis Berdikari Kopi Di Kecamatan Tambun Selatan

Rizky Rahmawati Ramadhan
2412008096
2024
Strategi Pengembangan Bisnis Berdikari Kopi Di Kecamatan Tambun Selatan
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Berdikari Kopi merupakan salah satu usaha coffee shop yang popular karena menjadi ruang kolektif dan apresiasi di Kecamatan Tambun Selatan. Dengan adanya peluang yang dimiliki oleh Berdikari Kopi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan oleh Berdikari Kopi dengan mempertimbangkan berbagai faktor internal dan faktor eksternal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Matriks IFE menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,265. Sedangkan untuk matriks IFE menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,066. Berdasarkan hasil matriks IFE dan EFE menunjukkan bahwa Berdikari Kopi memiliki kondisi internal dan eksternal yang tinggi. Berdasarkan matriks IE menunjukkan bahwa Berdikari Kopi berada pada posisi grow and built. Berdasarkan matriks SWOT dihasilkan Empat belas strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh Berdikari Kopi, dengan strategi prioritas pertama adalah Fokus pada Personal Branding yang kuat serta pelatihan dan pengembangan SDM (ST-3) yang dihitung berdasarkan QSPM dengan nilai TAS (Total Attractiveness Score) sebesar 7, 772.

Kata kunci: Strategi pengembangan bisnis, IFE, EFE, SWOT, dan QSPM.

S1 Manajemen
83