PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 214 JAKARTA TIMUR

Rizky Bagus Riyadi
2412008210
2024
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 214 JAKARTA TIMUR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

RIZKY BAGUS RIYADI. NIM 2412008210. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 214 Jakarta Timur. Peran kepemimpinan kepala sekolah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi lebih semangat dalam menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan guru merasa mendapat perhatian, rasa aman, dan pengakuan atas prestasi kerjanya. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki peran kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 214 Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun sampel tersebut berjumlah 33 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 88,8% faktor-faktor kinerja guru dijelaskan oleh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru sedangkan sissanya 11,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang terdapat di luar model penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variable kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (55,66) > Ftabel (3,28). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja guru menunjukkan hasil analisis thitung (6,77) > ttabel (1,69) maka secara parsial variabel motivasi kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 214 Jakarta Timur. Adapun variabel kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 214 Jakarta Timur dengan nilai analisis thitung (0,40) < ttabel (1,69).

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, kinerja guru

S1 Manajemen
86