Pengaruh Personal Selling, Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV Waskita Graha Indonesia Cabang Bekasi
Dunia usaha mengalami perkembangan seiring dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Fenomena ini telah mengubah lanskap persaingan usaha, dengan perusahaan-perusahaan besar bersaing untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih besar, sementara perusahaan-perusahaan kecil dan menengah berjuang untuk bertahan dalam lingkungan yang semakin kompetitif. Di tengah-tengah persaingan ini, penting bagi perusahaan untuk mengadopsi strategi promosi yang memainkan peran penting dalam meningkatkan penjualan suatu produk atau layanan. Dengan menggunakan berbagai alat promosi seperti iklan, promosi penjualan, dan kegiatan pemasaran langsung, perusahaan dapat menciptakan kesadaran yang lebih besar di antara konsumen potensial dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Personal Selling, Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Waskita Graha Indonesia Cabang Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan non-probability sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 96 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 84,1% faktor-faktor peningkatan penjualan dapat dijelaskan oleh personal selling, iklan dan promosi penjualan sedangkan sisanya 15,9% dijelaskan oleh faktor lain. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel personal selling, iklan dan promosi penjualan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dimana hasil nilai Fhitung (168,240) > Ftabel (2,704). Hasil uji t menunjukkan bahwa hasil analisis t hitung pada variabel personal selling (5,238), variabel iklan (8,041) dan variabel promosi penjualan (10,532) lebih besar dari t tabel (1,986) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi peningkatan penjualan pada CV. Waskita Graha Indonesia Cabang Bekasi adalah promosi penjualan.
Kata kunci: Personal Selling, Iklan, Promosi Penjualan, Peningkatan Penjualan
- COVER_Meliana Fitria Rahmayani_2412008113.pdf
- BAB I_Meliana Fitria Rahmayani_2412008113.pdf
- BAB II_Meliana Fitria Rahmayani_2412008113.pdf
- BAB III_Meliana Fitria Rahmayani_2412008113.pdf
- BAB IV_Meliana Fitria Rahmayani_2412008113.pdf
- BAB V_Meliana Fitria Rahmayani_2412008113.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_Meliana Fitria Rahmayani_2412008113.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.