PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CAFFE NUTRISI FIT BUGAR CLUB TAMBUN BEKASI

Partini Sukartini
2412008059
2024
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CAFFE NUTRISI FIT BUGAR CLUB TAMBUN BEKASI
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

PARTINI SUKARTINI. NIM 2412008059. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli di Caffe Fit Bugar Club Tambun Bekasi Industri makanan dan minuman sehat menjadi bagian penting dari gaya hidup modern. Caffe Nutrisi Fit Bugar Club Tambun di Bekasi berupaya menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari opsi sehat, dengan strategi pemasaran yang berfokus pada harga dan promosi. Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Meskipun kafe ini populer di kalangan masyarakat peduli kesehatan dan aktif mengadakan berbagai acara serta promo, terjadi penurunan penjualan tahun terakhir karena lokasi parkir terbatas, harga lebih tinggi dari pesaing, kurangnya promosi efektif, dan keluhan kualitas layanan. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan peningkatan fasilitas parkir, penyesuaian harga, peningkatan kualitas layanan, dan promosi yang lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Caffe Nutrisi Fit Bugar Club Tambun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 68 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa Nilai konstanta sebesar 0,635, hal ini menunjukan apabila variabel Harga dan Promosi, jika dianggap konstan (0), maka Keputusan Pembelian adalah 0,635. Koefisien regresi variabel Harga (x1) sebesar 0,420. Hal ini berarti setiap kenaikan Harga sebesar 1% akan menaikkan Keputusan Pembelian sebesar 0,420.Koefisien regresi variabel Promosi (x2) sebesar 1,054. Hal ini berarti setiap kenaikan Promosi sebesar 1% akan menaikkan Keputusan Pembelian sebesar 1,054. Sedangkan hasil uji F menunjukan nilai Fhitung 83,555 > 3,14 Ftabel dan signifikan untuk Harga dan Promosi, adalah 0,000 atau kurang dari 0,05. Jadi model regresi Harga dan Promosi, secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.

Kata kunci: Harga, Promosi, keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
42