ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM SYIFA FILM ARTISTIK DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS

Syifa Azizah Harahap
2412008076
2024
ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM SYIFA FILM ARTISTIK DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bisnis menggunakan Business model canvas. Penelitian dilakukan di umkm Syifa Film Artistik. Fenomena dan masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya promosi, edukasi dan inovasi sehingga menyebabkan kurang nya konsumen baru. Teori business model canvas yang digunakan dalam penelitian ini dilandaskan pada teori Osterwalder dan Pigneur yang mengemukakan bahwa terdapat sembilan blok BMC. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif deskriptif dengan jumlah informan penelitian 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis pengembangan bisnis menggunakan business model canvas di umkm Syifa Film Artistik menunjukkan kekuatan dalam segmentasi yang terfokus, nilai proposisi yang solutif, dan hubungan pelanggan yang kuat melalui layanan personal dan fleksibilitas pembayaran. Peluang untuk memperluas pasar ke segmen yang lebih muda dan mengadopsi saluran digital juga terbuka lebar. Dengan mempertahankan keunggulan yang ada dan meningkatkan fleksibilitas operasional, Syifa Film Artistik dapat mengoptimalkan potensi pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis mereka di masa depan.

Kata kunci: Pengembangan bisnis, Business Model Canvas

S1 Manajemen
16