PENGARUH HARGA DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA Wi-Fi “The.Connect.id” KOTA DEPOK

Dina Ali
2412008151
2024
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA Wi-Fi “The.Connect.id” KOTA DEPOK
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Salah satu dari internet yang banyak digunakan masyarakat adalah pemasangan Wi-Fi, yaitu internet tanpa sambungan kabel. Tekhusus untuk daerah Kota Depok, salah satu perusahaan penyedia jasa Wi-Fi adalah PT. Rawa Wima Nusantara dengan nama Wi-Fi “the.Connect.id”. Dengan mempertimbangkan harga yang ditetapkan perusahaan dengan kualitas jasa teknisi yang diberikan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Wi-Fi “the.Connect.id” di Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penejelasan (explanatory) dengan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel penelitian yang digunakan berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 91,20 % faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh harga dan kualitas jasa, sedangkan sisanya 8,80% dijelaksan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas jasa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu Fhitung (207.115) > dari Ftabel (3,09). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (1,743) dan kualitas jasa menunjukkan hasil analisis thitung (22,336) dimana ttabel (1,984). Maka secara parsial, hanya variabel kualitas jasa yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Wi-Fi “the.Connect.id” di Kota Depok. Adapun variabel harga harga bernilai positif namun tidak signifikan dan bernilai di bawah angka ttabel terhadap kepuasan pelanggan Wi-Fi “the.Connect.id” di Kota Depok. Maka variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Wi-Fi “the.Connect.id” di Kota Depok adalah kualitas jasa dengan nilai Standardized Coefficient Beta sebesar 0,906.

Kata kunci: Harga, Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
26