PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AIR MINERAL KEMASAN AQUA (Studi Kasus Mahasiswa STIE GICI Depok)

Elisabet Priska
2412008146
2024
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AIR MINERAL KEMASAN AQUA (Studi Kasus Mahasiswa STIE GICI Depok)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Dengan banyaknya usaha baru yang mulai dirintis oleh sebagian masyarakat membuat persaingan sangat ketat. salah satunya air minum dalam kemasan yang banyak dikonsumsi masyarakat adalah air mineral kemasan Aqua. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Mineral Kemasan Aqua (Studi Kasus Mahasiswa STIE GICI Depok). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. adapun sampel yang diambil berjumlah 60 responden. dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. hasil uji regresi menunjukkan bahwa 60,8% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas produk, sedangkan sisanya 39,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. sedangkan untuk hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis Thitung (2.508) dan variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis Thitung (3.840) dengan Ttabel sebesar (1.672) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan air mineral kemasan Aqua (Studi Kasus Mahasiswa STIE GICI Depok). hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (46.844) > Ftabel (3.16). untuk variabel dominan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan air mineral kemasan Aqua (Studi Kasus Mahasiswa STIE GICI Depok) dapat dilihat dari nilai Standardize Coefficient Beta tertinggi, yaitu nilai dari variabel kualitas produk sebesar (0,504).

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
96