Pengaruh Strategi Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pabrik Beras Makmur Berkah

Sayyid Muhamad Yusuf
2412008068
2024
Pengaruh Strategi Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pabrik Beras Makmur Berkah
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Salah satu alasan pentingnya mempertahankan pelanggan adalah karena biaya untuk mendapatkan pelanggan baru semakin tinggi di tengah kompetisi yang ketat. Oleh karena itu, perusahaan perlu merancang strategi yang efektif untuk menciptakan kepuasan pelanggan dan mendorong loyalitas. Masalah utama yang dihadapi adalah tingginya tingkat persaingan dalam bisnis produksi beras, yang mendorong perusahaan untuk berlomba-lomba meningkatkan loyalitas pelanggan agar mereka tidak beralih ke perusahaan lain. Ini bisa dicapai dengan menghasilkan dan menyampaikan produk dan jasa yang diinginkan konsumen dengan kualitas dan harga yang baik, serta memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi secara persial terhadap loyalitas pelanggan Pabrik Beras Makmur Berkah Dusun Gulampok, Desa Srijaya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah tak terhingga, dengan teknik accidental sampling, sehingga diambil sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (Pengamatan), interview (Wawancara), daftar pertanyaan (Questionnaire). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisis kuantitatif, yaitu analisis yang dilakukan dengan mengkuantifikasikan data penelitian untuk menghasilkan informasi yang diperlukan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t. pengolahan data menggunakan program software SPSS (Static Package for the Sosial Science) 24 for windows. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dari Strategi Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pabrik Beras Makmur Berkah dengan nilai rata rata yang didapat dalam 8 pertanyaan terbesar pada katagori setuju sebanyak 46%. Dengan nilai F rata rata sebesar 412. Hasil uji t menunjukan bahawa nilai thitung pada tabel analisis regresi diperoleh thitung 4,930 prosedur mencari statistik tabel dengan kriteria tingkat signifikansi 0,05 untuk uji dua belah pihak serta df( degree of freedom) atau dk (derajat kebebasan)= n-k (jumlah data-2) atau 100-2=98 sehingga diperoleh ttabel= 0,1966. Dengan demikian,thitung > ttabel atau (4,930 > 0,1966) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga dan Promosi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, masing-masing variabel Harga dan Promosi berpengaruh terhadap Loyalitas pelanggan Pabrik Beras Makmur Berkah.

Kata kunci: Harga, Promosi dan Loyalitas Pelanggan

S1 Manajemen
92