Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Dipta Generasi Global

Ismi Nur Azizah
2412008163
2024
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Dipta Generasi Global
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Perkembangan bisnis produk teraso sedang berusaha keras menghadapi persaingan ketat dengan strategi inovasi produk dan layanan premium. Namun tantangan terkait kualitas layanan, seperti ketidakpatuhan terhadap tenggat waktu pre-order, masih menjadi fokus perbaikan. Perusahaan terus berupaya menjaga kepuasan pelanggan melalui kombinasi bauran pemasaran yang seimbang, termasuk peningkatan kualitas produk dan harga yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di PT. Dipta Generasi Global. Dalam penelitian ini digunakan adalah penelitian survei, dengan metode teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi.Dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data yang digunakan sebanyak 92 responden yang dikumpulin melalui teknik accidental sampling. Hasil analisis uji regresi menunjukan bahwa faktor kepuasan pelanggan 57,8% dapat dijelaskan oleh gabungan antara kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisahnya 45,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil Fhitung (42,480) > Ftabel (2,71). Hasil uji T menunjukan bahwa kualitas produk menunjukan hasil thitung (3,085) dan variabel kualitas pelayanan menunjukan hasil thitung (4,598) dimana ttabel (1,987) maka secara paraial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai hasil analisis thitung (0,675). Dengan demikian penelian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh dominan dalam memengaruhi kepuasan pelanggan di PT. Dipta Generasi Global.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
45