PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA TOKO DAN+DAN KEADILAN RAYA DEPOK

Desty Awalia
2412008191
2024
PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA TOKO DAN+DAN KEADILAN RAYA DEPOK
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Skincare merupakan salah satu kebutuhan bagi konsumen, dengan ketersediaan produk yang sangat mudah. Promosi menjadi krusial untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada publik atau calon konsumen. Peran teknologi sangat besar, memungkinkan masyarakat online melalui perangkat seperti ponsel dan laptop untuk melihat serta memilih produk dan harga yang ditawarkan. Melalui pemasaran, produsen dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, memastikan produksi sesuai dengan preferensi konsumen. Penetapan harga yang tepat juga krusial untuk menjaga daya saing produk di pasar dalam memutuskan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana promosi dan harga mempengaruhi keputusan pembelian produk di Toko DAN+DAN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dipilih menggunakan Accidental Sampling, dengan total 100 responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengevaluasi hubungan antara variabel promosi, harga, dan keputusan pembelian produk. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 93,1% faktor-faktor keputusan membeli dapat dijelaskan oleh promosi dan harga sedangkan sisanya 6,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel promosi dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (669,744) > Ftabel (3,09). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (6,987) dan variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (7,535) dimana ttabel (1,980) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko DAN+DAN. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Toko DAN+DAN adalah harga.

Kata kunci: Promosi, Harga, Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
157