PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RASYA BARBERSHOP

Kukuh Imam Santoso
61201121008986
2024
PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RASYA BARBERSHOP
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh lokasi dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Rasya Barbershop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 98 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 51,3%. faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh lokasi dan harga sedangkan sisanya 48,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel lokasi dan harga secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (52,108) > Ftabel (3,090). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel lokasi menunjukkan hasil thitung (7,314), variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4,272), dimana ttabel (1.98447) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah lokasi. Kemudian pada tanggapan responden variabel Lokasi pada pernyataan kedua yaitu akses jalan menuju Rasya Barbershop mudah ditempuh, dengan angka penafsiran sebesar 4,08 (setuju) perlu ditingkatan lagi dan pada pada variabel harga dengan pernyataan kedua yaitu harga pangkas rambut Rasya Barbershop sangat terjangkau, dengan angka penafsiran sebesar 3,82 (Setuju) perlu ditingkatan lagi.

Kata kunci: Lokasi, Harga, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
50