Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Manik.Aiey di Kota Tangerang

Rizal Fadilah
2412008368
2024
Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Manik.Aiey di Kota Tangerang
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Bisnis UMKM kerajinan manik-manik di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang, meskipun belum banyak penelitian yang dilakukan. Penelitian ini ditulis untuk mengidentifikasi masalah yang ada di toko Manik.Aiey. mencakup keluhan pelanggan mengenai produk yang digunakan oleh Manik.Aiey persaingan harga yang semakin ketat antara kompetitor. Kegiatan promosi yang belum konsisten dan maksimal dalam memasarkan secara digital. Feluktuaktif penjual dan belum memenuhi target. Dengan judul pengaruh kualitas produk harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk kerajinan Manik.Aiey di kota Tangerang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Manik.Aiey di Kota Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 83,90% faktor-faktor keputusan pembelian kerajinan Manik.Aiey Kota Tangerang dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi sedangkan sisanya 16,10% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kerajinan Manik.Aiey di Kota Tangerang dengan hasil analisis Fhitung = (173.207) > Ftabel = (2,70). Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas produk hasil analisis thitung (3,126), harga (6,351), dan promosi (3,064) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kerajinan Manik.Aiey di Kota Tangerang. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pembelian produk kerajinan Manik.Aiey adalah harga

Kata kunci: Kualitas produk, harga, promosi, keputusan pembelian

S1 Manajemen
26