ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UMKM MERCONDES DI DESA TANJUNGSARI BOGOR

Siti Nur Maelasari
2412008389
2024
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UMKM MERCONDES DI DESA TANJUNGSARI BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

ABSTRAK SITI NUR MAELASARI. NIM 2412008389. Analisis Strategi Pemasaran UMKM Mercondes Di Desa Tanjungsari Bogor. Dalam dunia bisnis persaingan semakin ketat hendaknya menerapkan strategi yang lebih baik untuk dapat mempertahankan usahanya. Oleh karena itu pengusaha harus berhati-hati dan bersikap kritis saat memanfaatkan peluang untuk bisnis sehingga membuat perusahaan harus lebih baik dalam melaksanakan strategi pemasarannya. Strategi pemasaran yang efektif, salah satunya dapat dilihat dari stabilitas tingkat penjualan atau akan lebih baik bila dapat meningkatkan dari tahun ke tahun sesuai dengan kuantitas/kualitas produk yang mampu diproduksi oleh pengusaha. Penjualan produk UMKM Mercondes mengalami naik turunnya penjualan atau biasa disebut fluktuasi penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran UMKM Mercondes jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif berupa pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah matriks IFE,EFE,IE,SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 12 faktor internal dan 10 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi UMKM Mercondes. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 3,05 dan total skor bobot pada matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,12. Hasil analisis matriks IE berada dalam sel 1 yang disebut strategi tumbuh dan membangun. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor – faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh pihak UMKM Mercondes. Hasil dari matriks QSPM menunjukkan strategi alternatif yang paling baik untuk dipilih adalah meningkatkan media promosi dengan menampilkan proses produksi secara langsung dengan nilai TAS 5,98.

Kata kunci: Matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM

S1 Manajemen
20