PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR PROGRAM S1 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL DEPOK)

Tika Juliyanti
2412008175
2024
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR PROGRAM S1 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL DEPOK)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis harga dan promosi terhadap keputusan mendaftar program S1 di STIE GICI Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 75 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji Koefisien Determinasi sebesar 58,9% faktor-faktor keputusan mendaftar program S1 dapat dijelaskan oleh variabel harga dan promosi sedangkan sisanya 41,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mendaftar program S1 dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (54,060) > Ftabel (3,120). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Harga menunjukkan hasil thitung (5,550), variabel Keputusan Mendaftar menunjukkan hasil analisis thitung (7,986), dimana ttabel (1,29264)) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mendaftar program S1 di STIE GICI Depok. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan mendaftar adalah promosi.

Kata kunci: Harga, Promosi, Keputusan Mendaftar Program S1

S1 Manajemen
43