PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ASIMETRI KOPI CIBINONG

Neni Nuraliah
2412008143
2024
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ASIMETRI KOPI CIBINONG
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Coffee shop merupakan suatu tempat yang menyediakan berbagai jenis kopi, minuman dan makanan dengan suasana yang nyaman, santai serta dilengkapi beberapa fasilitas lainnya seperti alunan musik, tv, buku bacaan dan koneksi internet gratis yang membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama berada di coffee shop. Kata kafe berasal dari bahasa Perancis yaitu Café, yang artinya adalah kopi. Konsep kafe jaman dahulu yaitu berada di pinggiran jalan dan sederhana. Selain digunakan untuk tempat nongkrong kaum muda-mudi jaman sekarang, kafe juga bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menghilangkan penat atau sekedar bersantai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian di Asimetri Kopi Cibinong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 81,4%. faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek, kualitas produk dan promosi sedangkan sisanya 18,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra merek, kualitas produk dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (145.552) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel citra merek menunjukkan hasil analisis thitung (4,975), variabel kualitas produk menunjukan hasil analisis thitung (2,418) dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (6,815) dimana ttabel (1,980) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Asimetri Kopi Cibinong. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Asimetri Kopi Cibinong adalah promosi.

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
40