PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SABUN NYRTEA

Muhamad Aliyudin Alfarizi
2412008306
2024
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SABUN NYRTEA
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Penjualan Sabun Nyrtea mengalami penurunan selama tiga bulan terakhir, yang menjadi perhatian serius bagi para reseller. Penurunan ini menunjukkan adanya hambatan atau kesulitan dalam mempertahankan performa penjualan. Oleh karena itu, penelitian yang direncanakan diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi penjualan sabun Nyrtea di kalangan reseller. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Nyrtea. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa survei dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Convenience Sampling atau Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 90 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 28,60% keputusan pembelian di pengaruhi harga, kualitas produk dan promosi sedangkan sisanya sebesar 71,40% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai nilai Fhitung = 12,861 > dari Ftabel = 3.10. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil thitung (4,852) nilai ttabel (1,988) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun variabel harga (1,072) dan variabel promosi (1,692) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
30