Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Cimory (Studi Kasus di Kabupaten Bogor)

Syafana Kulsum Azzahra
2412008401
2024
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Cimory (Studi Kasus di Kabupaten Bogor)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang ada tentu akan semakin canggih. Salah satunya teknologi dalam pengolahan susu sapi. Ultra High Temperature merupakan pengolahan susu menggunakan suhu tinggi sehingga mengurangi bakteri yang kemungkinan ada pada susu segar. Banyaknya perusahaan yang memproduksi susu UHT sehingga menciptakan persaingan. Meskipun begitu, susu UHT Cimory mulai memasuki pasar dan berhasil meningkatkan penjualannya. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mencari jawaban atas Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Cimory di Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Model analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan sebesar 42,2% variabel Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga dapat menjelaskan Keputusan Pembelian, sedangkan sebesar 57,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini. Hasil uji F menghasilkan Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji t menghasilkan Citra Merek dan Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,967 dan 0,310 > 0,05. Sedangkan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian adalah Harga.

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
148