Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Generasi Z Di Kota Jakarta Timur

Nurul Mustofiyah
2412008119
2024
Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Generasi Z Di Kota Jakarta Timur
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Latar belakang masalah ini mengacu pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone iPhone pada generasi Z di Kota Jakarta Timur. adapun permasalahan yang dihadapi adalah para generasi Z cenderung memiliki gaya hidup yang terintegrasi dengan teknologi. Perusahaan perlu menyadari bahwa sebagian konsumen bisa membuat keputusan pembelian tanpa pertimbangan yang matang, tanpa perencanaan, bahkan hanya untuk gaya-gayaan semata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami dan menganalisis bagaimana faktor-faktor seperti gaya hidup, harga, dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian smartphone iPhone di kalangan generasi Z di Kota Jakarta Timur. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dan menerapkan analisis regresi linier berganda. Sampel sebanyak 100 responden dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa sebesar 28.9% dari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone iPhone dapat dijelaskan oleh gaya hidup, harga, dan kualitas produk. Sisanya, sebesar 71.1%, dijelaskan oleh faktor- faktor lain yang tidak dimasukkan atau tidak diteliti dalam penelitian ini. hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel gaya hidup, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (14,387) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4,329) dan variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (3.164) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone iPhone pada generasi Z di Kota Jakarta Timur. Adapun variabel gaya hidup tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone dengan nilai hasil analisis thitung (1,945). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian Smartphone iPhone pada generasi Z di Kota Jakarta Timur adalah variabel harga.

Kata kunci: Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
217