ANALISIS PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS IT PADA PT ZOOM INFOTEK TELESINDO
Bisnis hardware IT berkembang pesat dan berkontribusi besar pada ekonomi global, didorong oleh permintaan dari sektor kesehatan, manufaktur, dan keuangan. Perkembangan teknologi seperti IoT, Big Data, dan AI turut meningkatkan permintaan terhadap hardware IT. Menurut Statista, nilai pasar global perangkat keras komputer mencapai 408 miliar dolar AS pada 2021 dan terus bertumbuh. Bisnis ini menjadi berkelanjutan dan menjanjikan dengan permintaan yang terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui strategi yang tepat digunakan oleh PT. Zoom Infotek Telesindo (PT. ZIT). Adapun penelitian ini berjenis penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Data di kumpulkan dengan kuesioner, wawancara, dan studi literatur dengan jumlah informan 10 orang. Pengolahan data menggunakan business model canvas (BMC) analisis data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan dari hasil identifikasi didapatkan 9 aspek BMC dan 17 faktor internal serta 9 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk melihat dan menilai kondisi PT. Zoom Infotek Telesindo saat ini. Dari hasil pengolah data, total skor bobot pada matriks internal factor evaluation (IFE) yaitu 2,577 dan total skor bobot matriks external factor evaluation (EFE) yaitu 3,182. Kemudian total skor dari bobot matriks IFE dan EFE dimasukan kedalam matriks internal eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran II. Berdasarkan hasil matriks SWOT dan QSPM pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Mengikuti pelatihan softskill dan hardskill untuk tim (tim marketing, tim sales, dan IT support). Dan adanaya penambahan pada BMC model terbaru value proportions (solusi IT terintegrasi, pengalaman belanja nyaman), Channel (mitra dan agen distribusi), key resources (toko fisik dengan layout modern), key activities (pelatihan dan sertfikasi, pengembangan toko), key partner (penyedia pelatihan dan sertifikasi, perusahaan teknologi).
Kata kunci: Business Model Canvas (BMC), Internal Factor Evaluaton (IFE), Internal Factor Evaluation (EFE), Matrik Internal – External (IE), SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
- COVER_RADITYA WAHYU PARWADHI_2412008359.pdf
- BAB I_RADITYA WAHYU PARWADHI_2412008359.pdf
- BAB II_RADITYA WAHYU PARWADHI_2412008359.pdf
- BAB III_RADITYA WAHYU PARWADHI_2412008359.pdf
- BAB IV_RADITYA WAHYU PARWADHI_2412008359.pdf
- BAB V_RADITYA WAHYU PARWADHI_2412008359.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_RADITYA WAHYU PARWADHI_2412008359.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.