PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CHRISTGEA BEAUTY STUDIO KOTA BEKASI.

Neng Nisa
2412008460
2024
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CHRISTGEA BEAUTY STUDIO KOTA BEKASI.
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Pada era ini, salah satu gaya hidup yang selalu mengalami kompleksitas adalah bidang penampilan, dalam mengikuti perkembangan zaman, masyarakat seringkali terjebak dalam lingkungan gaya hidup modern membuat mereka sangat berorientasi dengan penampilan. Salah satunya bergerak di bidang jasa kecantikan yaitu Nail Art mulai bermunculan, Adapun permasalahan yang dihadapi seperti tidak memiliki sasaran pasar (target market) yang spesifik masih ada beberapa pelanggan yang mengeluh dikarenakan tingkat kepuasan yang didapatkannya masih kurang dan tidak sesuai dengan ekspektasinya baik dari segi kualitas pelayanan, kualitas produk maupun harga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Christgea Beauty Studio Kota Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Seleksi sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel berjumlah 100 responden. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 33,5% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga. Sedangkan sisanya 66,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Hasil Uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Christgea Beauty Studio Kota Bekasi dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (17,660) > dari Ftabel = (2,700). Hasil uji t menunjukkan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung ( 2,078) > ttabel (1,984) dan variabel kualitas produk thitung ( 6,593) > ttabel (1,984). Terakhir Variabel harga thitung (2,236) > ttabel (1,984) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, karena thitung lebih besar dibanding ttabel. Harga merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Christgea Beauty Studio Kota Bekasi.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kualitas produk,harga,kepuasan konsumen

S1 Manajemen
87