Pengaruh Label Halal, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim dengan Minat beli sebagai Variabel Intervening di Industri Makanan UMKM Kota Ambon Propinsi Maluku Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengetahuan ummat Islam yang semakin tinggi tentang pentingnya label halal. Peneliti juga melihat fenomena berkembangnya UMKM makanan yang sangat pesat di Kota Ambon pasca pandemi corona. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh label halal, loyalitas pelayanan, dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan dengan minat beli sebagai variabel intervening pada UMKM makanan di Kota Ambon Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: Apakah ada pengaruh signifikan antara label halal terhadap minat beli konsumen pada produk UMKM dan restoran di Kota Ambon?, Apakah ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat beli pada produk UMKM dan restoran di Kota Ambon?, Apakah ada pengaruh signifikan antara lokasi terhadap minat beli pada produk UMKM dan restoran di Kota Ambon?, Apakah ada pengaruh signifikan antara label halal, kualitas pelayanan, dan lokasi pada loyalitas pelanggan?, Apakah ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan?, Apakah ada pengaruh signifikan antara lokasi terhadap loyalitas pelanggan?, Apakah ada pengaruh minat beli terhadap loyalitas pelanggan? Jenis penelitian ini aadalah kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh/hubungan tiap variabel yang digunakan, yaitu mencakup pengaruh label halal, kualitas pelayanan, pemilihan lokasi terhadap loyalitas pelanggan dengan minat beli sebagai variabel intervening pada tempat makan di Kota Ambon. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner online. Alat pengukur variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan skala likert. Diuji dengan menggunakan aplikasi SmartPls4. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: Variabel label halal tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel intervening minat beli, Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel intervening minat beli, variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap variabel intervening minat beli, variabel label halal tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, variabel minat sebagai intervening berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan hasil uji mediasi menunjukan bahwa variabel minat beli sebagai mediator pada pengaruh label halal, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap loyalitas memiliki sifat mediator dengan pengaruh mediasi yang rendah.
Kata kunci: Label Halal, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Minat Beli, Loyalitas Pelanggan.
- jurnal tesis Milly.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.