PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BC HNI HALAL MART CIKARANG SELATAN

Putri Puspita Sari
2411806777
2022
PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BC HNI HALAL MART CIKARANG SELATAN
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Bisnis dalam bidang produk-produk herbal merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang saat ini. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya masyarakat yang mulai sadar dan beralih dari produk yang biasanya mengandung bahan kimia ke produk-produk yang sudah terjamin kehalalannya dan bebas kandungan bahan kimia. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memproduksi produk-produk herbal, hal tersebut menyebabkan persaingan pasar semakin ketat. Maka dari itu, jika perusahaan ingin mempertahankan keunggulan dalam pasar, perusahaan harus mengerti aspek apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk bisa membedakan produk yang dijual di perusahaan tersebut dengan produk pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan BC HNI Halal Mart Cikarang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden yang merupakan pelanggan dari BC HNI Halal Mart Cikarang Selatan. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 58,8% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh promosi, kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya 41,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukan hasil analisis thitung (2,626) dan variabel harga menunjukan hasil analisis thitung (6,879) dimana ttabel (1,660) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan BC HNI Halal Mart Cikarang Selatan. Adapun variabel promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan BC HNI Halal Mart Cikarang Selatan dengan nilai hasil analisis thitung (0,277). Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel promosi, kualitas pelayanan dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (48,139) > Ftabel (2,70). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan BC HNI Halal Mart Cikarang Selatan adalah harga.

Kata kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
84