Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Amanah Laundry kota Bogor

Anisa Lidya Ariandi
2412008231
2024
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Amanah Laundry kota Bogor
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

ABSTRAK ANISA LIDYA ARIANDI . NIM 2412008231. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Amanah Laundry kota Bogor. Di eraa modern ini, perkembangan dunia usaha yang sangat pesat berdampak pada semakin banyaknya badan usaha baru yang didirikan oleh masyarakat, baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar. Fenomena ini menyebabkan pesatnya perkembangan penyediaan layanan laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan semakin berkembang dan meroket di berbagai lokasi, mulai dari lokasi terpencil hingga lokasi ramai. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Amanah Laundry Kota Bogor. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian empiris yang datanya berbentuk angka-angka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey. Dalam penelitian survey, informasi yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah tekhnik Nonprobably Sampling. Nonprobably Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan pada pendekatan rumus Slovin yamg berjumlah 75 Responden. Hasil Uji Koefisien Determinasi menunjukan nilai Adjusted R Square yaitu 84,3% bahwa faktor-faktor kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, harga dan lokasi. Sedangkan sisanya 15,7 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = (133,147) > Ftabel = (2,730). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (3,757) dan variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4,760) dimana ttabel (1,993) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Amanah Laundry. Adapun variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Amanah Laundry dengan nilai hasil analisis thitung (1,452). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Amanah Laundry adalah harga.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, dan Kepuasan Konsumen

S1 Manajemen
71