ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DIBIDANG KLINIK KECANTIKAN (Studi Kasus : Estrella Clinic)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Estrella Clinic layak dikembangkan dengan cara menganalisis menggunakan metode Business Model Canvas, alternatif strategi menggunakan analisis SWOT, serta merekomendasikan strategi bisnis Estrella Clinic dimasa yang akan datang. Adapun Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan Teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan kuesioner. alat analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan QSPM. Hasil penelitian diperoleh skor pembobotan matriks IFE dan matriks EFE. Berdasarkan hasil IFE dengan nilai skor 2,682 dan matriks EFE dengan nilai skor 2,726 diketahui bahwa posisi Estrella Clinic berada pada kuadran V atau sel V yaitu Hold & Maintain (Pertahankan dan Pelihara). Pada matriks SWOT yang menunjukan pada strategi WO yaitu mengoptimalkan promosi melalui sosial media untuk meningkatkan efektivitas penjualan. Dari hasil Business Model Canvas baru pada penelitian sudah terarah dengan mengidentifikasi kualifikasi usia, membuat membership, saluran komunikasi yang mulai digunakan dalam melibatkan influencer yang merambah pada sosial media lainnya seperti tiktok, youtube serta website, ini dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan.
Kata kunci: Strategi, Business Model Canvas, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSP
- COVER_NADIA_JULIANTIKA_2412008334.pdf
- BAB I_NADIA_JULIANTIKA_2412008334.pdf
- BAB II_NADIA_JULIANTIKA_2412008334.pdf
- BAB III_NADIA_JULIANTIKA_2412008334.pdf
- BAB IV_NADIA_JULIANTIKA_2412008334.pdf
- BAB V_NADIA_JULIANTIKA_2412008334.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_NADIA_JULIANTIKA_2412008334.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.