Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran Dan Biaya Administrasi Umum Terhadap Laba Bersih Pada PT. Ultrajya Milk Industry & Trading Company TBK Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2013-2023

Melly Kusumawanti
Israfil Munawarah
2422002019
2024
Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran Dan Biaya Administrasi Umum Terhadap Laba Bersih Pada PT. Ultrajya Milk Industry & Trading Company TBK Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2013-2023
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan utamanya, yaitu menghasilkan laba yang maksimal, sangat bergantung pada kemampuan manajemen dalam mengelola berbagai faktor yang mempengaruhi laba bersih seperti biaya-biaya yang dikeluarkan. Dari data yang diperoleh mengenai PT. Ultrajaya Milk Industri & Trading Company, Tbk, terlihat bahwa meski biaya produksi, pemasaran, dan administrasi mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, laba bersih perusahaan tidak selalu meningkat seiring dengan kenaikan biaya tersebut. pada tahun 2014, biaya-biaya mengalami kenaikan namun laba bersih justru menurun. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya ketidakpastian biaya-biaya yang dikeluarkan terhadap laba bersih. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya administrasi umum terhadap laba bersih. Sampel yang digunakan yaitu PT. Ultrjaya Milk Industry&Trading Company, Tbk Periode Tahun 2013-2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dan menggunakan data sekunder yang terdapat pada website resmi perusahaan dan website Bursa Efek Indonesia dalam bentuk laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penenelitian ini yaitu analisis statistic deksriptif, uji asumsi klasi yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji parsial (Uji T) uji signifikan simultan (Uji F) dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan software SPSS 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa dilihat dari uji parsial (Uji T) bahwa biaya produksi berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih dibuktikan dengan nilai signifikan 0,016 < 0,05. Biaya pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dibuktikan dengan memiliki nilai signifikan sebesar 0,149 > 0,05. Serta Biaya administrasi umum berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih dibuktikan dengan nilai signifikan 0,04 < 0,05. Dan dilihat dari uji simultan (Uji F) biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya administrasi umum terdapat pengaruh terhadp laba bersih dibuktikan dengan nilai uji f dengan tingkat signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Selanjutnya dilihat dari uji koefisien determinasi memperoleh nilai 93% artinya variabel independen yaitu biaya produksi, biaya pemasaran, biaya administrasi umum mempengaruhi variabel dependen yaitu laba bersih sebesar 93% pada perusahaan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk Periode Tahun 2013-2023.

Kata kunci: Biaya Produksi, Biaya pemasaran, Biaya Administrasi Umum

S1 Akuntansi
90