PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BOJA CAFE

Risna Sari Nasution
2412008367
2024
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BOJA CAFE
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini sedang trend bisnis dalam bidang kuliner salah satunya yaitu café, dan perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner ini baik dalam skala besar maupun skala kecil sudah banyak bermunculan, adapun permasalahan yang dihadapi yaitu seperti tidak tahu sasaran pasar (target market) yang spesifik, dan banyaknya komplain yang berhubungan dengan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, terhadap kepuasan konsumen di Boja Café. Jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuisioner. Model analisis data yang dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 90 responden dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) Menunjukan bahwa variabel independen berupa kualitas pelayanan, kualitas produk secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen kepuasan konsumen di Boja Café sebesar 52,3% sedangkan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukan secara simultan variabel pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nila Fhitung (49,788) > dari Ftabel (3,100). Untuk uji t (parsial) variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Boja Café dengan nilai thitung (3,248) > ttabel (1,988), dan untuk variabel kualitas produk juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Boja Café dengan nilai thitung (6,213) > ttabel (1,988)

Kata kunci: Kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan konsumen.

S1 Manajemen
9