Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Jagoan Laundry

Nurhasanah
2412008347
2024
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Jagoan Laundry
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Kehidupan masyarakat zaman sekarang tentunya berbeda dengan kehidupan masyarakat pada zaman dahulu, teknologi berkembang sangat pesat. Salah satunya yaitu alat elektronik mesin cuci untuk mencuci dan mengeringkan pakaian agar lebih memudahkan. Namun masyarakat saat ini mempunyai banyak kesibukan. Situasi inilah yang kemudian menjadi peluang bagi perusahaan penyedia layanan jasa laundry yang bermunculan untuk menyediakan pelayanan jasa laundry bagi masyarakat umum. Kemajuan teknologi ini menimbulkan persaingan yang ketat, sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan serta sangat sulit mendapatkan kepuasan, karena terjadi pergeseran yang semula hanya untuk memenuhi kebutuhan berubah menjadi harapan untuk memenuhi kepuasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Jagoan Laundry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk mengidentifikasi sejauh mana variabelvariabel independen yaitu kualitas pelayanan, harga dan lokasi mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara adalah Sampling Insidental. Adapun sampel tersebut berjumlah 79 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 72,1% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, harga dan lokasi. Sedangkan sisanya 27,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = (68,224) > Ftabel = (2,730). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (4,185) dan variabel lokasi menunjukkan hasil analisis thitung (3,875) dimana ttabel (1,992) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Jagoan Laundry. Adapun variabel harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Jagoan Laundry dengan nilai hasil analisis thitung (0,479). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Jagoan Laundry adalah kualitas pelayanan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
25