ANALISIS SWOT STRATEGI RINANDA SKINCARE CENTER DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19

Syifa Fauziah
2412008124
2024
ANALISIS SWOT STRATEGI RINANDA SKINCARE CENTER DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19
Depok-GICI Business School-2024
Jurnal

Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Alternatif Perkembangan Strategi, Rinanda Skincare Center Dalam Mempertahankan Bisnis Di Era Pandemi Covid-19 berdasarkan analisi SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah SWOT, Matriks IFE dan EFE, Matriks IE dan QSPM dengan hasil wawancara 1 orang narasumber. Hasil analisis dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah menghasilkan faktor internal kekuatan dan kelemahan, dan factor eksternal peluang dan ancaman yang mempengaruhi perkembangan bisnis Rinanda Skincare Center, dan didapatkan hasil analisis QSPM dari hasil penelitian SWOT yang telah dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi yang dihasilkan dalam analisis QSPM dengan adalah dengan menggunakan Strategi Diversifikasi yaitu menambah produk atau jasa baru melakukan pivot bisnis membuka layanan tes Swab Antigen dan PCR bisa homecare, lalu memberikan discount khusus sebagai alternatif strategi untuk survive disaat pandemi Covid-19.

Kata kunci: Pivot Bisnis, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, QSPM dan SWOT

  • JURNAL_SYIFA FAUZIAH_2412008124.docx
S1 Manajemen
54