STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMRAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH PT ATTIIN NABILA UTAMA BOGOR

Noviyanti Salasabilah
2411907898
2024
STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMRAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH PT ATTIIN NABILA UTAMA BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Era globalisasi memaksa dunia usaha untuk bersaing di pasar global, membuat persaingan bisnis semakin ketat, baik domestik maupun internasional. Perusahaan di bidang jasa pariwisata harus menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk tetap kompetitif. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, memiliki potensi besar dalam bisnis perjalanan ibadah umrah. PT AtTiin Nabila Utama Bogor salah satu biro perjalanan umrah di Kota Bogor berusaha mengembangkan strategi untuk tetap kompetitif di tengah persaingan yang ketat dengan cara membandingkan harga dan kualitas produk yang ditawarkan oleh travel umrah lain di kota tersebut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan usaha PT AtTiin Nabila Utama Bogor. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dan deskriptif dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengn jumlah sample 7 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE), analisis SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan dari hasil identifikasi didapatkan 16 faktor internal dan 14 faktor eksternal yang dapat digunakan dalam menilai kondisi PT AtTiin Nabila Utama Bogor saat ini. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2,7 dan total skor bobot pada matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,0. Lalu total skor dari bobot matriks IFE dan EFE dimasukan kedalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi perusahaan PT AtTiin Nabila Utama Bogor berada pada sel I dan sel II. Kemudian dibuat alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Selanjutnya alternatif strategi yang telah diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh pemiliki atau manager cabang PT AtTiin Nabila Utama Bogor. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Meningkatkan fasilitas yang aman dan nyaman serta meningkatkan citra perusahaan yang baik dengan bekerjasama dengan influencer atau tokoh agama terkenal untuk dapat menjangkau segmen pasar baru yang terus bermunculan karena pertumbuhan ekonomi dan gaya hidup masyarakat”.

Kata kunci: Strategi pemasaran, produk umrah, internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM).

S1 Manajemen
31