PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIMPLE CAFE & COFFEE LEUWILIANG
Di era globalisasi ini, persaingan antar dunia usaha dan perusahaan semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat menuntut para pelaku usaha untuk memiliki keunggulan kompetitif agar mampu bertahan dan bersaing dengan pesaing usaha lainnya. Yang dapat diupayakan setiap perusahaan adalah meningkatkan kualitas produk dan kualitas layanan agar terciptanya kepuasan pelanggan. Salah satu bisnis kuliner di kota Bogor yang merasakan ketatnya persaingan bisnis adalah Simple Café & Coffee yang merupakan bisnis kuliner berbentuk café. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan tidak hanya dari kualitas pelayanannya saja tapi dapat dipengaruhi oleh harga yang ditawarkan perusahaan, karena harga merupakan penentu seorang konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Simple Café & Coffee Leuwiliang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada pelanggan yang pernah berkunjung dan membeli makanan atau minuman di Simple Café & Coffee Leuwiliang. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa 45,6% dari faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya sebesar 54,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama, variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai Fhitung yaitu sebesar (42,476) lebih besar dari nilai Ftabel sebesar (3,090). Kemudian hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (6,273) dan variabel harga menunjukkan hasil thitung (3,241) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Simple Café & Coffee Leuwiliang. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Simple Café & Coffee Leuwiliang adalah kualitas pelayanan.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan
- COVER_Fitri Wahyuningsih_2412008268.pdf
- BAB I_Fitri Wahyuningsih_2412008268.pdf
- BAB II_Fitri Wahyuningsih_2412008268.pdf
- BAB III_Fitri Wahyuningsih_2412008268.pdf
- BAB IV_Fitri Wahyuningsih_2412008268.pdf
- BAB V_Fitri Wahyuningsih_2412008268.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_Fitri Wahyuningsih_2412008268.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.