PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AHASS MPM MOTOR BOGOR

Nizar Maulana
2412008340
2024
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AHASS MPM MOTOR BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Sebagai salah satu badan usaha yang bergerak di bidang jasa bengkel motor keberadaannya sangat dibutuhkan oleh pengguna motor Honda untuk melakukan perawatan atau perbaikan kendaraannya. Melihat fungsinya yang memberikan jasa perbaikan ataupun perawatan motor, perusahaan Service motor Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang baik bagi para konsumennya agar konsumen yang pernah menggunakan jasanya merasa puas dan datang kembali untuk menggunakan jasa perusahaan ini. Kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada penelitian ini yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu asosiatif kuantitatif, yang dimana dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan mengenai pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan cara mengolah data mentah sehingga menjadi hasil akhir yang akan digunakan dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan berupa pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, dimana peneliti dalam memilih sampel penelitiannya menggunakan rumus. Adapun sampel tersebut berjumlah 87 sampel. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 88,2% faktor-faktor kepuasan pelanngan dapat dipengaruhi oleh produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik sedangkan sisanya 11,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (93,257) > Ftabel (2,13). Hasil uji T menunjukkan bahwa produk dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi masing- masing 0,001 dan 0,034 Sedangkan promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi masing-masing 0,228, 0,533, 0,107, 0,113 dan 0,078.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Pemasaran, Manajemen.

S1 Manajemen
14