STRATEGI INOVASI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING DI PT DIINAMI SUKSES BERSAMA
Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, paradigma bisnis telah mengalami transformasi yang signifikan. Salah satu pergeseran terbesar terjadi dalam ranah pemasaran, dengan perusahaan-perusahaan beralih dari metode konvensional ke strategi yang lebih modern, terutama penjualan online dan marketing digital. PT Diinami Sukses Bersama sebuah perusahan yang bergerak dibidang penjualan online dengan produk casing handphone dan aksesoris handphone baik dalam jumlah kecil (satuan) sampai besar (koli/ball). Dalam memasarkan produk ada beberapa marketplace yang di gunakan yaitu shopee, lazada, tiktok shop, toko pedia, website, instagram dan facebook. Agar dapat terus bersaing dengan produsen lain perusahaan harus terus mengevaluasi hasil dari beberapa faktor seperti kekuatan, kelemahan dan peluang, ancaman agar dapat meningkatkan kualitas kerja dan produk yang diapasarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa strategi yang dapat digunakan oleh PT Diinami Sukses Bersama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan jumlah narasumber 6 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data internal factor evalutation (IFE), external factor evalutation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 10 faktor internal dan 10 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi PT Diinami Sukses Bersama. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evalutation (IFE) yaitu 3,07 dan total skor bobot matriks External factor Evaluation (EFE) yaitu 3,14. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan kedalam mantriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi perusahaan berada pada sel I. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperbolehkan dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu startegi “Pengembangan Produk, Pengembangan teknologi, Integrasi Kedepan”.
Kata kunci: PT Diinami Sukses Bersama, data Internal factor evaluation (IFE), External factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
- COVER_M. KHOERUL KALAM_2412008293.pdf
- BAB I_M. KHOERUL KALAM_2412008293.pdf
- BAB II_M. KHOERUL KALAM_2412008293.pdf
- BAB III_M. KHOERUL KALAM_2412008293.pdf
- BAB IV_M. KHOERUL KALAM_2412008293.pdf
- BAB V_M. KHOERUL KALAM_2412008293.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_M. KHOERUL KALAM_2412008293.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.