PENGARUH CITRA MEREK, PRODUK, HARGA, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN GALON MEREK AQUA (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Lena Apriana
2412008454
2024
PENGARUH CITRA MEREK, PRODUK, HARGA, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN GALON MEREK AQUA (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Manusia membutuhkan air minum untuk kesehatan, sehingga AQUA berinovasi untuk membuat produk air minum dalam kemasan. AQUA meluncurkan produk air minum siap saji guna memudahkan konsumen dalam mengkonsumsi air minum. Air minum dalam kemasan merek AQUA memiliki berbagai variasi ukuran salah satunya air minum dalam kemasan galon merek AQUA 19 liter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Galon Merek AQUA (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil Uji regresi menunjukan bahwa 34,50% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek, produk, harga, dan iklan sedangkan sisanya sebesar 65,50% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Sedangkan Uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel citra merek, produk, harga, dan iklan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan analisis F_hitung = 14,060 > dari Ftabel = 2,47. Hasil Uji t menunjukan bahwa variabel citra merek menunjukan hasil analisis thitung (2,621) > ttabel (1,985), variabel produk menunjukan hasil analisis thitung (0,675) < ttabel (1,985), variabel harga menunjukan hasil analisis (2,039) > ttabel (1,985), dan variabel iklan menunjukan hasil analisis thitung (0,668) < ttabel (1,985) maka secara parsial variabel citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Sedangkan variabel produk dan iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan galon merek AQUA (studi kasus masyarakat Kota Bogor).

Kata kunci: Citra Merek, Produk, Harga, Iklan, Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
41