Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata SKI TAS Tajur Bogor

Aulia Rahma
61404021000272
2024
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata SKI TAS Tajur Bogor
Depok-GICI Business School-2024
Laporan Tugas Akhir (D III)

Indonesia merupakan negara kepulauan, dengan penduduk terbanyak keempat di Dunia. Selain itu Indonesia juga menduduki posisi kedua di Asia Tenggara sebagai banyaknya pengangguran. Salah satu cara agar mengurangi banyaknya pengangguran yaitu dengan membuka usaha. Tujuan kita membuka usaha yaitu untuk mendapatkan profit atau laba. Salah satu usaha yang memiliki pendapatan terbesar yaitu dalam industri pariwisata. Tempat wisata di Kota Bogor semakin bertambah setiap tahunnya, oleh karena itu bagaimana kita harus mempertahankan eksistensi usaha kita agar tetap menarik perhatian konsumen atau masyarakat. Salah satu kunci agar lebih unggul dari pesaing yaitu dengan cara selalu berinovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Wisata SKI TAS Tajur Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 60,3% faktor-faktor kualitas pelayanan sedangkan sisanya 40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis t hitung (12.303) dimana t tabel (1.984) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Wisata SKI TAS Tajur Bogor.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

D3 Manajemen Pemasaran
20