Pengaruh Pelayanan Tangible dan Pelayanan Intangible Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Ciawi

Muhamad Fikri Maulidan
2412008310
2024
Pengaruh Pelayanan Tangible dan Pelayanan Intangible Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Ciawi
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Tangible dan Intangible Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Ciawi Bogor.Teori yang diterapkan dalam penelitian ini mencakup konsep tentang kualitas pelayanan fisik dan non fisik, serta kepuasan pasien. Kepuasan pasien merujuk pada tingkat kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kebetulan saja. Sumber data yaitu data primer dan data skunder. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R square, uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan menggunakan SPSS. Hasil uji F secara simultan tangible dan intangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Puskesmas Ciawi Bogor. Hasil uji T Secara parsial tangible berpengaruh signifikan terhadap pasien Puskesmas Ciawi Bogor. Secara parsial intangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuaasan pasien Puskesmas Ciawi Bogor.

Kata kunci: Tangible, Intangible, Kepuasan Pasien

S1 Manajemen
23