PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MENGGRILLA PAKANSARI KABUPATEN BOGOR

Wafa Azmi Nurfaiz
2412008415
2024
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MENGGRILLA PAKANSARI KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Bisnis kuliner sangat menjanjikan karena merupakan kebutuhan primer dan menguntungkan. Di Indonesia, keberagaman kuliner dan tren makan di restoran mendorong pertumbuhannya. Salah satu tren yang sedang populer adalah restoran "all you can eat" (AYCE). Restoran AYCE memiliki sistem prasmanan di mana konsumen membayar sekali untuk menikmati semua pilihan makanan dalam batas waktu tertentu. Namun, beberapa permasalahan yang dihadapi antara lain kualitas makanan yang tidak konsisten, program diskon yang jarang diberikan kepada konsumen, serta banyaknya komplain terkait kepuasan konsumen di Menggrilla Pakansari Kabupaten Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi Terhadap Kepuasan konsumen di Menggrilla Pakansari Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara convenience sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 62,0% faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi, sementara 38,0% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji F menunjukkan bahwa secara simultan, variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (54,754) lebih besar dari Ftabel (2,700). Uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk memiliki hasil thitung (1,984), variable kualitas pelayanan memiliki hasik thitung (3,755) dan variabel promosi memiliki hasil thitung (3,492), ketiganya lebih besar dari ttabel (1,984), sehingga secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Menggrilla Pakansari Kabupaten Bogor. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Menggrilla Pakansari Kabupaten Bogor adalah kualitas pelayanan.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, kepuasan Konsumen

S1 Manajemen
74