PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FRIED CHICKEN D'BEST BOY DI KABUPATEN BOGOR

Satria Kusuma
2412008549
2024
PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FRIED CHICKEN D'BEST BOY DI KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Dengan banyaknya persaingan bisnis yang sangat ketat, membuat perusahaan/usaha harus berpikir dengan keras untuk meningkatkan kualitas produk untuk bersaing dengan competitor lainnya. Hal ini terlihat dengan banyaknya usaha dengan bidang kuliner di dalam negri maupun luar negeri khususnya usaha fried chicken yang sudah banyak berkembang di Indonesia ini. Kabupaten Bogor adalah salah satu wilayah yang banyak menjadi tempat perkembangan usaha khususnya dibidang kuliner. Salah satu produk lokal yang menarik pehatian adalah D’Best Boy Fried Chicken, pertama kali D’Best Boy Fried Chicken membuka outlet di Kabupaten Bogor yaitu di kecamatan cigudeg. dan awal berdiri pada tahun 2009 dikabupaten bogor. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di D’Best Boy Fried Chicken di kabupaten bogor. penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 reponden. Untuk hasil koefisien determasi menunjukan bahwa 66,60% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh produk, harga dan lokasi sedangkan sisanya 33,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji F menunjukan bahwa secara serempak produk, harga dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan analisis yaitu nilai Fhitung = 66,719 dari Ftabel = 2,700. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel harga menunjukan analisis thitung (3,670) dan variabel lokasi menunjukan analisis thitung (3,100) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua variabel tersebut (harga dan lokasi) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian D’Best Boy Fried Chicken di Kabupaten Bogor. Adapun variabel produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian D’Best Boy Fried Chicken di kabupaten bogor dengan nilai analisis thitung (1,531).

Kata kunci: Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
30