PENGARUH DISIPLIN KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA KOTA BOGOR

Amaliya Yonna Eka Puteri
2412008477
2024
PENGARUH DISIPLIN KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA KOTA BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Kinerja pegawai dalam suatu instansi atau dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan, dengan menunjukkan kinerja pegawai yang baik maka tujuan organisasi akan berjalan dengan baik dan akan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh antara disiplin, komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai, 2) untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai, 3) untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai dan 4) untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di Kantor Tenaga Kerja Kota Bogor, selama dilakukan penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sebanyak 37 orang responden. Metode pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda yaitu KP = 28,577 + 0,685DL + -0,002KM + -0,100LK + e. Hasil uji secara simultan menghasilkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel disiplin, komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor sebesar 60%. Uji parsial menghasilkan pengaruh variabel disiplin sebesar 0,685%, komunikasi sebesar -0,002%, dan lingkungan kerja sebesar -0,100%. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh positif dan signifikan antara disiplin, komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai secara simultan. Saran penelitian ini adalah 1) Kedisiplin pegawai perlu terus mempertahankan dan bahkan meningkatkan disiplin kerja melalui kebijakan yang mendukung dan program pengembangan yang berfokus pada peningkatan disiplin. 2) Komunikasi yang efektif dapat membantu dalam memperjelas tugas dan tanggung jawab serta meningkatkan koordinasi antar pegawai, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja. 3) Lingkungan kerja yang baik dapat mendukung produktivitas dan kesejahteraan pegawai, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja.

Kata kunci: Disiplin, Komunikasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

S1 Manajemen
13