ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT PADA TOKO SEMBAKO 2 PUTRI SUKABUMI
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT pada Toko Sembako 2 Putri dalam merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan dengan kategorisasi sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Studi ini melibatkan 5 responden dan sumber data yang diterapkan yaitu Data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara, pengamatan. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam pengumpulan dan analisis data, terlibat langsung di lapangan untuk observasi mendalam terhadap strategi pemasaran Toko Sembako 2 Putri. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan pembuatan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan QSPM. Hasil studi berasal dari skor terbobot matriks IFE dan EFE. Berdasarkan hal itu nilai matriks IFE adalah 2,33 sementara matriks EFE mencapai 3,53. Sedangkan pada matriks Internal External (IE) strategi yang harus dilakukan adalah Grow & Build, menunjukkan bahwa toko memiliki kekuatan internal yang cukup untuk menghadapi peluang eksternal yang signifikan. Berdasarkan hasil formulasi matriks SWOT maka diperoleh 6 macam alternatif strategi yang dapat diterapkan di Toko Sembako 2 Putri. Hasil perhitungan QSPM menunjukan strategi alternatif yaitu dalam hal kurangnya pemasaran dan promosi yang efektif dapat diatas dengan memanfaatkan teknologi digital dan melakukan ekspansi ke lokasi baru dengan nilai 7,46319.
Kata kunci: Strategi, UMKM, Manajemen Pemasaran, Analisis SWOT, matriks IFE, matriks EFE, matriks QSPM.
- COVER_LUSI AULIA_2412008291.pdf
- BAB I_LUSI AULIA_2412008291.pdf
- BAB II_LUSI AULIA_2412008291.pdf
- BAB III_LUSI AULIA_2412008291.pdf
- BAB IV_LUSI AULIA_2412008291.pdf
- BAB V_LUSI AULIA_2412008291.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_LUSI AULIA_2412008291 (1).pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.