PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN NASGOR KEBULI ALJUNED GRAMAPURI

Bagas Rizky Pramudito
2411806787
2022
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN NASGOR KEBULI ALJUNED GRAMAPURI
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ABSTRAK BAGAS RIZKY PRAMUDITO. NIM 2411806787. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Nasgor Kebuli Aljuned Gramapuri. Perkembangan di era globalisasi saat ini mengalami perubahan di berbagai bidang. Salah satu bidang yang cukup ramai dalam persaingan ini yaitu dalam bidang makanan. Padatnya aktivitas masyarakat modern, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan untuk keluarga atau diri mereka sendiri dirumah, yang menyebabkan kebanyakan orang cenderung membeli makanan siap saji. Hal tersebut mengarahkan perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran untuk memperhatikan perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka dalam proses pemasaran produk. Konsep pemasaran salah satu cara untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen atau pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Nasgor Kebuli Aljuned Gramapuri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 38,7% faktor-faktor yang mempengaruhi minat kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan lokasi sedangkan sisanya sebesar 61,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung¬ (1,051) ini menunjukkan variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan karena ttabel dari penelitian ini yaitu 1,660 sedangkan variabel harga menunjukkan hasil thitung (2,895) dan variabel lokasi menunjukkan hasil thitung (3,178) kedua variabel dari penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Aljuned Nasgor Kebuli Gramapuri. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel atribut produk, kualitas produk dan ekuitas merek secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (20,239) > Ftabel (2,710). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen Aljuned Nasgor Kebuli Gramapuri adalah lokasi. Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen.

S1 Manajemen
35