PELATIHAN DAN PENYULUHAN KEPADA PELAKU UMKM UNTUK MEMAHAMI MANFAAT DAN PROSEDUR KEPESERTAAN PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN
Nurdin Rifai. M,M
Herman Susilo. M.M
Berdasarkan observasi awal dan data dari BPJS Ketenagakerjaan, partisipasi UMKM dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesadaran yang rendah, keterbatasan pemahaman prosedur, keterbatasan regulasi, dan kendala digitalisasi. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan dan penyuluhan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi pelaku UMKM terhadap pentingnya perlindungan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang kali ini, penulis berkesempatan melakukan magang di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Mampang. Selama proses magang ini berjalan, penulis diharapkan mampu menambah pengetahuan, keterampilan yang tidak didapat di dalam perkuliahan, serta pengalaman sebagai bentuk pengembangan diri pada divisi kepesertaan khususnya di bidang pemasaran, juga dapat mengasah kemampuan berinteraksi sosial, maupun bernegosiasi pada pelanggan. Magang ini juga berfokus pada bagaimana mahasiswa dapat beradaptasi dan mengerjakan pekerjaan yang telah berikan dan bagaimana teori dimata kuliah yang sudah dipelajari di kampus dapat dikaitkan dengan praktik langsung.
Kata kunci: Pelatihan, Penyuluhan, UMKM, Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan