PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (Studi Kasus Masyarakat Kota Depok)

Delfina Wora Leka
61201021008640
2025
PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (Studi Kasus Masyarakat Kota Depok)
Depok-GICI Business School-2025
Jurnal

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Statistical Program for Social Science (SPSS). Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, dan heteroskedastisitas dilakukan untuk memastikan kelayakan model. Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 0,958 + 1,447X, yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan harga akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 1,447. Koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,921 mengindikasikan bahwa 92,1% variasi keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Uji *t* parsial membuktikan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t-hitung = 33,872 > t-tabel = 1,98472; Sig. = 0,000 < 0,05).

Kata kunci: Harga, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
3