PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN (STUDI KASUS MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL BOGOR)

Imas Masitoh
61201021008793
2025
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN (STUDI KASUS MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL BOGOR)
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Seiring dengan perkembangan zaman dan persaingan bisnis yang semakin ketat, pelaku usaha dituntut untuk lebih memahami kebutuhan serta keinginan konsumen guna menciptakan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Dalam dunia kuliner, keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kualitas produk, harga, dan promosi. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu mengelola ketiga aspek tersebut secara maksimal agar tetap diminati oleh pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan (Studi Kasus Mahasiswa STIE GICI Business School Bogor) Metode yang digunakan berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori (explanatory). Sampel penelitian berjumlah 80 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling, dan model analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 62,8 % keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, harga, dan promosi. Sementara 37,2 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas produk, Harga dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis Fhitung (45,467) > Ftabel (2,722). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk menunjukan hasil analisis thitung (4,702), variabel harga (6,221) dan variabel promosi (2,886) dimana ttabel (1,990) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mie Gacoan (Studi kasus mahasiswa stie gici business school). Dimana variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel harga.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, promosi, Keputusan Pembelian,Mie Gacoan, Regresi Linear Berganda.

S1 Manajemen
1