Pengaruh Harga Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Permata Sentul Golf and Country Club

Sri Wulandari
Jhonson Sitanggang
2411907636
2025
Pengaruh Harga Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Permata Sentul Golf and Country Club
Depok-GICI Business School-2025
Jurnal

Permata Sentul Golf and Country Club, yang berlokasi strategis dekat pintu tol Jakarta dan menawarkan fasilitas lengkap seperti 18 hole dengan 71 par, berupaya menarik pelanggan melalui sistem member, turnamen berkala, dan promosi di media sosial. Meskipun data menunjukkan stabilitas kunjungan golfer (rata-rata 60-140 pemain per hari, tergantung hari dan jenis member), akses jalan yang belum optimal dianggap sebagai penghambat potensi peningkatan pengunjung yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk membuktikan dan menganalisis apakah Pengaruh Harga Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Permata Sentul Golf and Country Club. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan G-form dengan penentuan sample menggunakan rumus slovin dengan total responden 100 golfer yang pernah bermain golf di Permata Sentul Golf and Country Club. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil persamaan regresi yang diperoleh dari penelitian ini adalah Y = 3.568 + 0,048 X1 + 0,236 X2 + 0,262 X3 dalam upaya mengidentifikasi seberapa jauh pengaruh variabel independen terhadap variable dependennya, diperoleh dari nilai koefisien determinasi. Sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa nilai koefisien determinasi yang dinyatakan dalam nilai adjusted R square menunjukkan bahwa nilai adjusted R square adalah 0,581 atau 58,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variable harga, lokasi dan kualitas pelayanan yaitu sebesar 58,1%. sedangkan sisanya sebesar 41,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata kunci: Harga Lokasi Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
2