Studi Kelayakan Usaha Toko Thrift Oneiro Rewear
Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) menjadi penggerak utama perekonomian Indonesia dengan kontribusi besar terhadap PDB nasional dan penyerapan tenaga kerja. Salah satu subsektor yang tengah berkembang adalah thrift shop, yaitu usaha penjualan pakaian bekas yang masih layak pakai. Perkembangan tren fesyen berkelanjutan serta kesadaran masyarakat akan konsumsi yang lebih ekonomis menjadikan thrift shop sebagai peluang bisnis menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan usaha thrift Oneiro Rewear di Kota Bogor dari aspek hukum, pasar dan pemasaran, teknis dan produksi, sumber daya manusia, serta aspek keuangan. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif, dimana aspek non-finansial dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan aspek finansial dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan metode analisis kelayakan seperti Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Profitability Index (PI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis Oneiro Rewear dinyatakan layak dari semua aspek. Pada aspek keuangan, diperoleh NPV sebesar Rp45.616.811 (positif), IRR sebesar 36% (lebih tinggi dari tingkat diskonto), PI sebesar 1,89 (lebih dari 1), dan Payback Period selama 1 tahun 7 bulan 28 hari (kurang dari 2 tahun).
Kata kunci: Studi Kelayakan, UMKM, Thrift, Pemasaran, Keuangan
- Cover_Yunita Anida_61201021009031.pdf
- BAB I_Yunita Anida_61201021009031.pdf
- BAB II_Yunita Anida_61201021009031.pdf
- BAB III_Yunita Anida_61201021009031.pdf
- BAB IV_Yunita Anida_61201021009031.pdf
- BAB V_Yunita Anida_61201021009031.pdf
- Daftar Pustaka_Yunita Anida_61201021009031.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.