ANALISIS KUALITAS PELAYANAN (TANGIBLES, EMPATHY, RESPONSIVENESS, RELIABILITY, ASSURANCE) TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMK SIROJUL HUDA 3 KABUPATEN BOGOR
Abstrak Dalam ranah pendidikan, SDM mencakup tenaga pendidik, tenaga kependidikan, serta peserta didik yang semuanya berperan dalam sistem pendidikan. Peran SDM dalam dunia pendidikan sangatlah penting, terutama dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas. Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan potensi individu, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang meliputi Tangibles, Empathy, Responsiveness, Reliability, dan Assurance terhadap kepuasan peserta didik di SMK Sirojul Huda 3 Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan regresi linier berganda terhadap 71 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kelima variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta didik. Secara parsial, Tangibles dan Empathy berpengaruh signifikan, sedangkan Responsiveness, Reliability, dan Assurance tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan fasilitas fisik dan empati dalam pelayanan sekolah.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan peserta didik, SMK, Tangibles, Empathy, Responsiveness, Reliability, Assurance.
- COVER_EUIS MASITOH_61201021008782.pdf
- BAB I_EUIS MASITOH_61201021008782.pdf
- BAB II_EUIS MASITOH_61201021008782.pdf
- BAB III_EUIS MASITOH_61201021008782.pdf
- BAB IV_EUIS MASITOH_61201021008782.pdf
- BAB V_EUIS MASITOH_61201021008782.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_EUIS MASITOH_61201021008782.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.