PENGARUH DIGITAL MARKETING,TESTIMONI DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SANDAL GROTE BREG DI E-COMMERCE

Piki Saputra
2412008354
2025
PENGARUH DIGITAL MARKETING,TESTIMONI DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SANDAL GROTE BREG DI E-COMMERCE
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi pengaruh digital marketing, testimoni pelanggan, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian sandal Grote breg di e-commerce. Menggunakan pendekatan kuantitatif, riset ini melibatkan 100 responden yang aktif sebagai konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, digital marketing dan testimoni pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini terbukti dari nilai thitung digital marketing (6,396) dan testimoni pelanggan (3,701) yang keduanya lebih besar dari ttabel (1,984), serta nilai signifikansi keduanya (0,000) yang lebih kecil dari 0,05. Sebaliknya, brand awareness secara parsial tidak berpengaruh signifikan (thitung 1,722 < ttabel 1,984; sig. 0,088 > 0,05). Namun, secara simultan, ketiga variabel ini secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian (Fhitung 38,792 > Ftabel 2,70). Penelitian ini juga menemukan bahwa digital marketing menjadi faktor yang paling dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian, dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,654. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,534, yang berarti 53,4% dari variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh model ini.

Kata kunci: Digital marketing, testimoni pelanggan, brand awareness, keputusan pembelian

S1 Manajemen
0