PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA JASA J&T EXPRESS CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Neneng Chaerunisha
2411807187
2022
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA JASA J&T EXPRESS CIBINONG KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

NENENG CHAERUNISHA. NIM 2411807187. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa J&T Express Cibinong Kabupaten Bogor. Jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi merupakan sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat karena sesuai dengan sistemnya dapat memenuhi kebutuhan untuk mengirim barang jangkauan jarak jauh dengan waktu cepat dan tepat. Pada saat ini jumlah perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia semakin banyak bermunculan, seperti J&T Express Cibinong Kabupaten Bogor. Dibalik itu masih adanya beberapa kendala khususnya pada pelayanan dan segi harga J&T Express. Hal tersebut dapat dilihat dari masih adanya komplain di media atau langsung kepada pihak jasa. Maka perlunya pelayanan yang baik kepada pengguna jasa J&T Express Cibinong Kabupaten Bogor agar kepercayaan nya semakin meningkat saat memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa J&T Express Cibinong Kabupaten Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa J&T Express Cibinong Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 47,40% faktor-faktor keputusan pembelian pengguna jasa J&T Express Cibinong Kabupaten Bogor dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya 52,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna jasa J&T Cibinong Kabupaten dengan hasil analisis Fhitung = (45,672) > Ftabel = (2,70). Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas pelayanan hasil analisis thitung (3,747), harga (3,044) dimana Ttabel = (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna jasa J&T Cibinong Kabupaten Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pengguna jasa J&T Express adalah kualitas pelayanan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
124