PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DI BPS KOTA DEPOK

Joulanda Ansye Roring
2411806829
2022
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DI BPS KOTA DEPOK
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Manusia merupakan salah satu unsur yang terpenting didalam suatu organisasi. Tanpa peran manusia meskipun berbagai faktor yang dibutuhkan itu telah tersedia, organisasi tidak akan berjalan. Setiap organisasi selalu mengharapkan pegawainya mempunyai prestasi, karena dengan memiliki pegawai yang berprestasi akan memberikan sumbangan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, lokasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja di BPS Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dimana penelitian survei bertujuan untuk penelahaan (explorative), deskriptif, penjelasan (explanatory atau confirmatory), evaluasi, prediksi atau peramalan, penelitian operasional dan pengembangan indikator- indikator sosial. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Untuk itu sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul representatif (mewakili), dengan pertimbangan jumlah populasi di objek penelitianadalah 42 orang. Variabel independen berupa kualitas pelayanan, lokasi kerja dan lingkungan kerja secara bersama-sama memengaruhi variabel dependen kepuasan kerja staf BPS Kota Depok sebesar 54% sedangkan sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti misalnya kompensasi, gaya kepemimpinan dan lain sebagainya. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, lokasi kerja serta lingkungan kerja secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (14.883) > Ftabel (2,852). Ini berarti bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas layanan, lokasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja staf BPS Kota Depok. Secara parsial kualitas pelayanan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja staf BPS Depok karena t hitung kualitas pelayanan adalah (1,095) < t tabel (2,024). Secara parsial lokasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasankerja staf BPS Depok dimana t hitung lokasi kerja adalah (2,268) > t tabel (2,024), lingkungan kerja (2,025) > t tabel (2,024). Nilai t tabel pada tingkat signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 2,024. Variabel independen yang mempunyai nilai Standaridized Coefficient Beta paling besar adalah variabel Lokasi Kerja yaitu sebesar 0,400 yangberarti bahwa variabel lokasi kerja merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja staf BPS Kota Depok

Kata kunci: kualitas pelayanan, lokasi kerja, lingkungan kerja, kepuasan kerja

S1 Manajemen
22